Sistem Penilaian UTBK/SBMPTN 2019

Sistem penilaian IRT
Ilmusekolahan.com
SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalu UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Perguruan Tinggi Negeri memberikan peluang kepada mereka yang tidak masuk ke perguruan tinggi melalui SNMPTN untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Jumlah Peserta SBMPTN 2019

Tercatat jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN 2019 adalah 714.652 peserta. Dari jumlah tersebut sebanyak kurang lebih 50% peserta memilih kelompok Saintek, kurang lebih 48% peserta memilih kelompok Soshum dan sebanyak kurang lebih 2% peserta memilih kelompok campuran. 

Menyikapi hal tersebut, sebagai calon mahasiswa yang akan mendaftar SBMPTN harus menyiapkan diri. Mulai saat ini kurangilah melakukan kegiatan yang sekiranya kurang efektif. Lakukanlah persiapan-persiapan dini untuk menghadapi SBMPTN. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi SBMPTN adalah kenali karakteristik sistem penilaian soal UTBK. Karena nilai UTBK menjadi kunci penting keberhasilan di SBMPTN.

Bagaimana Sistem Penilaian UTBK 2019

Tidak jauh berbeda dengan sistem penilaian di SBMPTN 2018, sistem penilaian UTBK 2019 menggunakan sistem IRT (Item Respons Theory) dengan bobot nilai yang berbeda setiap subtes. Sistem penilaian ini tak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar atau salah oleh peserta, namun tetap memperhitungkan karakteristik kesukaran masing-masing soal. Soal UTBK yang relatif sulit akan mendapatkan bobot nilai yang lebih tinggi. 

Secara detail sistem penilaian tersebut dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu:
  • Tahap Pertama
Pada tahap pertama sistem penilalain UTBK 2019, seluruh jawaban akan diberikan skor. Untuk jawaban benar mendapatkan 1 poin, dan untuk jawaban yang tidak dijawab atau dikosongkan akan mendapatkan 0 poin.
Baca Juga: Kumpulan Soal SBMPTN
  • Tahak Kedua
Pada tahap kedua ini, mulailah pendekatan dengan sistem IRT. Setiap soal yang benar akan dianalisis karakteristiknya dan melihat tingkat kesulitan dibandingkan dengan soal yang lain. Soal yang relatif lebih sulit akan mendapatkan bobot nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan soal yang relatif lebih mudah.

  • Tahap Ketiga
Pada tahap ini dilakukan rekapitulasi atau penghitungan dari bobot nilai yang didapatkan. Hasil dari tahap ini akan mendapatkan skor UTBK yang nantinya akan dipergunakan untuk mengikuti SBMPTN.

Apa yang harus saya lakukan?

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK. Salah satunya adalah belajar dengan lebih giat lagi. Selain belajar, kamu juga harus mempelajari berbagai soal yang berkaitan dengan UTBK/SBMPTN, sehingga kamu lebih terbiasa dalam mengerjakan soal-soal tersebut.
Baca Juga: Kumpulan Soal SIMAK UI 2009-2019 Lengkap!

Kesimpulan

UTBK merupakan salah satu syarat penting dalam mengikuti SBMPTN. Semakin tinggi nilai UTBK, maka semakin mudah untuk lulus di SBMPTN. Sistem penilaian UTBK menggunakan sistem IRT atau Item Respons Theory. Metode ini diharapkan dapat membedakan membedakan kemampuan peserta dan memberikan skor dengan lebih adil. Jadi peserta yang lebih baik dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK akan mempunyai skor UTBK yang lebih besar. 

Sekian artikel mengenai Sistem Penilaian UTBK/SBMPTN 2019 semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terimakasih. Selamat belajar!