Cara Membuat Kop Surat Resmi dengan Microsoft Word

Cara membuat kop surat resmi
Ilmusekolahan.com

Pernahkah kamu menerima atau melihat surat resmi? Jika ya, perhatikan bagian atas dari surat resmi tersebut. Disana ada identitas lembaga yang mengirim surat tersebut. Bagian itu disebut kop surat.

Kop surat atau kepala surat merupakan salah satu bagian dari surat resmi. Letaknya ada diatas sebuah surat. Kop surat berisi identitas suatu lembaga, yayasan, atau organisasi. Kop surat juga menjadi pembeda antara surat resmi dengan surat pribadi.

Pembuatan kop surat di microsoft word terbilang gampang karena kita hanya memanfaakan fitur header yang ada di software Ms. Word.

Cara Membuat Kop Surat Resmi
Kop surat dengan 2 logo

Fungsi Kop Surat

Telah disinggung pada kalimat pembuka diatas, bahwa kop surat berfungsi sebagai identitas sebuah lembaga, yayasan, atau organisasi. Namun disamping itu ada fungsi lain dari kop surat, yaitu:

  1. Sebagai tanda keresmian surat
  2. Sebagai media promosi perusahaan
  3. Pembeda dengan surat pribadi
  4. Sebagai branding sebuah perusahaan

Bagian-bagian Kop Surat

Bagian-bagian yang biasanya ada dalam kop surat antara lain:
  1. Nama lembaga, yayasan atau organisasi
  2. Logo
  3. Alamat sekretariat
  4. Alamat email
  5. No telepon kantor
  6. Alamat website resmi
Tidak semua bagian ini wajib ada dalam sebuah kop surat. Yang wajib ada hanya nama lembaga, logo dan alamat kantor sekretariat. 

Cara Membuat Kop Surat di Ms. Word

Pada tutorial ini, saya menggunakan Ms. Word 2016. Namun jangan khawatir, caranya tetap sama namun mungkin letak tombol fungsinya yang berbeda. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar. Cara membuat kop surat di Ms. Word 2016 antara lain:

  1. Buka aplikasi Ms. Wordnya. Lalu buatlah lembar kerja baru. Sesuaikan ukuran kertas dengan kertas tersedia. Setelah itu, arahkan mouse pada bagian atas lembar kerja lalu double klik sampai keluar menu Header.
    Langkah 1 - Cara Membuat Kop Surat
    Langkah 1
  2. Klik tab Insert lalu klik Table. Masukan dua tabel ke kanan. 
  3. Setelah itu masukan gambar logo perusahaan atau lembaganya. Sesuaikan ukurannya. Biasanya ukuran logo tidak lebih dari 2.5 x 2.5 cm.
    Langkah ke tiga
  4. Masukan nama lembaga serta alamatnya. Lalu pada Table Tools - Layout pilih Align Center. Sehingga tulisannya akan rata tengah.
    langkah 4 - cara Membuat Kop Surat
    Langkah 4
  5. Pada langkah ini, kita akan menghilangkan garis tabelnya, caranya klik icon yang telah saya tandai (lihat gambar). Lalu kembali ke menu Home pada tab Borders pilih No Border
    langkah 5 - Cara Membuat Kop Surat
    Langkah 5
  6. Masih di fungsi yang sama. Pilih tab Borders and Shading maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah. Pengaturannya pun sesuaikan sesuai dengan gambar tersebut.
    Langkah 7 - Cara membuat Kop Surat
    Langkah 6
  7. Rangkaian proses telah selesai. Maka hasilnya akan seperti ini. 
    Cara Membuat Surat Resmi di Word
    Selesai

Membuat Kop Surat dengan 2 Logo

Untuk membuat kop surat dengan logo, langkahnya hampir sama. Perbedaanya terletak pada banyaknya tabel. Tabel yang dimasukan tiga tabel ke kanan. Lihat pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Kop Surat Dengan 2 Logo
Kop Surat Dengan 2 Logo

Penutup

Kop surat menjadi bagian penting dalam surat resmi. Kop surat bisa menjadi penanda identitas sebuah perusahaan, lembaga atau lain-lain. Membuat kop surat dengan Ms. Word ternyata tidak terlalu susah. Kita bisa memanfaatkan berbagai fitur yang telah disediakan.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Kop Surat Resmi dengan Microsoft Word semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terimakasih. Selamat belajar!

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.