Contoh Kata Pengantar Untuk Makalah


Contoh kata pengantar untuk makalah
Ilmusekolahan.com

Terkadang kita kebingungan dalam menulis kata pengantar untuk makalah, karya tulis, laporan ke perusahaan ataupun tugas dari sekolah. Untuk itu, pada artikel ini saya akan menulis topik mengenai kata pengantar yang digunakan untuk makalah atau laporan lainnya. 

Pengertian kata pengantar

Kata pengantar merupakan salah satu halaman yang memuat ucapan syukur dan terima kasih dari penulis. Kata pengantar selalu ada dalam makalah, karya tulis ilmiah, laporan, proposal dan lain-lain. Biasanya isi dari kata pengantar adalah ucapan syukur serta terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu penulis dalam menyelesaikan laporan atau makalahnya. 

Fungsi kata pengantar

Fungsi dari kata pengantar adalah sebagai pengantar pembaca sebelum masuk ke pembahasan yang sesungguhnya. Dengan kata lain kata pengantar bisa diartikan sebagai kata sapaan bagi pembaca. 
Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

Struktur kata pengantar

Meskipun kamu ingin menulis kata pengantar secara singkat, namun harus diperhatikan struktur kata pengantarnya. Adapun struktur kata pengantar dibagi menjadi tigas, yaitu: 

  • Bagian Pembuka 


Bagian pembuka terdapat di paragraph awal kata pengantar. Biasanya diawali dengan salam kemudian masuk ke paragraph satu yang berisi ucapan syukur kepada Tuhan. Kadang-kadang di paragraf pertama disematkan judul makalah atau laporan yang ditulis oleh penulis. 

  • Bagian Isi 


Di bagian isi biasanya terdapat pembahasan singkat mengenai karya tulis atau makalah yang ditulis. Ada juga yang menulis hanya tujuan pembuatannya saja. Nah di bagian isi juga terdapat ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Urutan penyebutan pihak-pihak yang bersangkutan biasanya disesuaikan dengan seberapa besar pengaruh orang tersebut. 

  • Bagian Penutup 


Bagian penutup menjadi bagian akhir dalam sebuah kata pengantar. Di bagian ini berisikan permohonan maaf dan harapan penulis dari makalah atau laporan yang telah ditulisnya. Permohonan tersebut ditujukan bila dalam penyusunan makalah atau karya tulis tersebut terdapat kesalahan dan kekurangan. Untuk harapan, biasanya penulis menuliskan harapannya semoga makalah atau laporannya dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Pengaruh Kegiatan Usaha Dengan Kemampuan Berwirausaha” ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari bapak Rosihan, S.Pd,. pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam menulis makalah ini penulis merasakan berbagai hambatan dan rintangan. Namun, atas bantuan dari berbagai pihak, penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Rosihan, S.Pd,. sebagai guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang kewirausahaan.
Baca Juga: Cara Membuat Kop Surat Resmi dengan Microsoft Word
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

Penulis menyadari, makalah yang penulis tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan penulis nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Garut, November 2019

Penulis

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmaanirrahim, 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis diberikan kesempatan dan kemampuan untuk menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “Korelasi Aktif Berorganisasi Dengan Kemampuan Komunikasi Siswa di SMA Negeri 1 Kenangan”. Solawat dan salam mudah-mudahan tercurah limpahkan kepada junjunan alam Nabi Muhammad Saw. 

Karya tulis ilmiah ini merupakan tugas akhir di SMA Negeri 1 Kenangan. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, baik secara materi pembahasan maupun tutur kata dan cara penyampaiannya. Maka dari itu, penulis dengan senang hati menerima semua ide, saran, maupun kritik yang bersifat membangun. Dalam penulisan karya tulis ini, penulis merasakan berbagai hambatan dan rintangan. Namun, atas bantuan dan dorongan dari berbagai pihak, penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada: 
  1. Ibu N. Pursit memberikan perhatian, pengertian, serta dukungan baik secara moril maupun materil.
  2. Bapak Drs. Kusdani, M. Pd., selaku Kepala SMA Negeri 1 Kenangan.
  3. Bapak Syaefulrohman, S. Pd., selaku penanggung jawab program.
  4. Bapak Firman, S. Pd., selaku pembimbing yang telah memberikan arahan dalam menyelesaikan karya tulis ini.
  5. Ibu Hj. Yani, S. Pd., selaku wali kelas XII MIPA 1 yang telah memberikan motivasi dan dukungan kepada penulis.
  6. Guru-guru SMA Negeri 1 Kenangan yang senantiasa memberikan ilmu kepada penulis.
  7. Teman-teman kelas XII MIPA 1 “Firstit” yang telah memberikan waktu dan kebersamaanya sehingga penulis bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa.
  8. Teman-teman pengurus OSIS Kenangan dan MPK yang senantiasa mendukung dan memberikan motivasi kepada penulis.
Akhir kata, penulis berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi pembaca dan pihak-pihak yang membutuhkannya. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Kenangan, Oktober 2019 

Penulis 

Bonus, Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik dan tepat pada waktunya.

Laporan yang berjudul “Laporan Praktikum Kimia: Asam dan Basa” ini merupakan tugas akhir mata pelajaran Kimia. Ucapan termakasih kepada Ibu Nenden, S.Pd,. M.Pd, sebagai guru mata pelajaran Kimi sekaligus guru pengampu dalam laporan ini. 

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, kritik yang membangun selalu kami nantikan. Terimakasih.

Bandung, Desember 2019

Penulis

Sekian artikel tentang Contoh Kata Pengantar Untuk Makalah semoga dapat bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terimakasih. Selamat belajar!

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.