Pengertian Organisasi, Ciri-ciri, Tujuan dan Manfaat Berorganisasi

Pengertian organisasi
Ilmusekolahan.com

Salah satu ciri manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri sehingga memerlukan manusia lain. Interaksi yang terjadi diantara manusia bisa ditemui dalam sebuah organisasi. 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai organisasi, dimulai dari pengertian organisasi, ciri-ciri organisasi, faktor terbentuknya organisasi, prinsip organisasi, jenis organisasi, bentuk organisasi, tujuan organisasi dan manfaat berorganisasi secara lengkap.

Pengertian Organisasi

Banyak ahli yang berpendapat mengenai pengertian organisasi, diantaranya: 
  • Sutarto, menurut Sutarto organisasi adalah sistem saling pengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Ari Muhammad, menurut Ari organisasi merupakan suatu sistem, mengkoordinasi aktivitas, dan mencapai tujuan bersama atau tujuan umum.
  • Siswanto, organisasi dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk merealisasikan tujuan bersama.
  • Max Weber, menurutnya pengertian organisasi adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang di dalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
  • Sondang P. Siagian, pengertian organisai adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberap orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.
Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan Tahunan Yang Baik dan Benar
Dari pengertian organisasi menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tugas pokok dan fungsinya masing-masing dan saling berinteraksi serta bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. 


Ciri-ciri Organisasi

Masing-masing organisasi memiliki ciri dan karakteristiknya masing-masing. Tergantung tujuan organisasinya sendiri. 

Namun pada umumnya ada beberapa ciri dari sebuah organisasi, ciri tersebut antara lain: 
  1. Anggota organisasi sekurang-kurangnya terdiri dari dua orang dan jumlah terbanyaknya tidak terbatas.
  2. Memiliki struktur organisasi.
  3. Setiap orang memiliki tugas pokok, fungsinya dan wewenangnya masing-masing.
  4. Semua anggota saling berinteraksi dan bekerja sama.
  5. Memiliki tujuan yang telah ditetapkan bersama.
  6. Memiliki kantor atau sekretariat untuk beraktifitas dan mengadakan pertemuan antar anggota organisasi.

Faktor Terbentuknya Suatu Organisasi

Pada umumnya ada beberapa faktor yang mendorong terbentuknya suatu organisasi. Faktor tersebut diantaranya: 

  • Organisasi diyakini sebagai pemersatu
Organisasi dianggap dapat mempersatukan setiap individu yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Dalam menjalankan kewajiban, setiap individu mau tidak mau harus bekerja sama tanpa melihat latar belakangnya masing-masing demi kepentingan dan tujuan bersama. 

  • Organisasi sebagai media pembelajaran
Kemampuan dan pengetahuan tiap individu dalam organisasi tentulah berbeda-beda. Namun, setiap individu di dalam organisasi harus saling bertukar pikiran, konsep dan gagasan untuk saling memberi dan menerima informasi sehingga koordinasi antara satu dengan lainnya dapat terjalin dengan baik. Dengan saling berbagi, seseorang dapat mengerti kekurangannya dan mau belajar kepada orang yang lebih mahir atau yang lebih tahu dibandingkan dirinya. 

  • Organisasi menjadi tempat pengembangan kepribadian
Tiap individu memiliki ciri khas dengan sifat dan kepribadiannya masing-masing. Sehingga karena banyaknya orang yang masuk dan memiliki pengalaman berbeda, karakter masing-masing individu cenderung akan berubah. Karakter-karakter yang selama ini dianggap menjadi kelemahan dapat diubah, seperti kesulitan menyampaikan pendapat, berbicara monoton, atau bahkan kesulitan berbicara dihadapan orang banyak, malu menghadapi orang lain, berpenampilan kurang menarik, kurang pergaulan, menyendiri, pendiam atau pemarah. Dengan berorganisasi, maka akan lebih sering berinteraksi dengan orang banyak. Secara alamiah, cepat atau lambat setiap individu akan berupaya untuk mengubah kelemahannya dengan beradaptasi. 

Prinsip-prinsip Organisasi

Setia organisasi diharuskan untuk mempunyai prinsipnya masing-masing yang sesuai dengan tujuan organisasinya sendiri. Ada beberapa prinsip yang biasanya ada dalam suatu organisasi, diantaranya: 
  1. Organisasi harus memiliki prinsip keterbukaan, keterbukaan di sini artinya bahwa organisasi membuka diri untuk bekerja sama dengan pihak manapun dengan catatan masing-masing organisasi saling bekerja sama dan saling menghormati.
  2. Organisasi harus memiliki prinsip kebersamaan, artinya semua orang yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut wajib sama-sama bekerja dan tidak menaruh tanggung jawabnya kepada pihak tertentu saja. Kalimat yang biasanya melekat pada kebersamaan ini adalah satu bekerja semua bekerja.
  3. Organisasi juga harus memiliki prinsip keberlangsungan, artinya organisasi ini ingin terus dijalankan tanpa batasan waktu tertentu. Namun prinsip ini susah untuk diterapkan karena ada faktor lain yang mempengaruhi misalnya eksistensi organisasi di masyarakat. Bisa saja ada sekelompok masyarakat yang ingin membubarkan organisas tersebut dan mempengaruhi orang lain sehingga eksistensi organisasi tersebut dapa tergeser.

Tujuan Organisasi

Sebuah organisasi harus mempunyai tujuan yang ditetapkan oleh seluruh anggota organisasi. Tujuan organisasi secara umum terdiri dari tiga, yaitu: 

  • Tujuan organisasi jangka pendek
Yaitu suatu tujuan yang diinginkan organisasi dalam kurun waktu yang relatif cepat (biasanya 3 atau 6 bulan) dan berkala. Artinya suatu organisasi ingin tujuannya cepat dicapai dan terus menerus. 

Misalnya dalam suatu organisasi bisnis/ perushaan, tujuan jangka pendeknya adalah penjualan kue naik 10% dalam waktu 6 bulan. Artinya dalam waktu enam bulan perusahaan tersebut ingin jumlah penjualan kue nya meningkat 10% setiap 6 bulan. 

  • Tujuan organisasi jangka menengah 
Yaitu tujuan yang waktunya lebih cepat dibandingkan dengan tujuan jangka pendek misalnya 1 tahun atau 2 tahun. Tujuan jangka menengah ini bisa dicapai jika tujuan jangka pendeknya tercapai. 
Misalnya organisasi bisnis yang masih sama seperti diatas, tujuan jangka menengahnya adalah keuntungan yang dicapai perusahaan meningkat 20% dalam waktu 1 tahun. Artinya setelah penjualan naik, perusahaan ingin keuntungannya juga naik 20% dalam waktu 1 tahun. 

  • Tujuan organisasi jangka panjang
Yaitu tujuan yang merupakan hasil akhir dari kedua tujuan tersebut. Misalnya perusahaan bisnis kue ini ingin menjadi perushaan kue nomor 1 di Indonesia. 

Jenis-Jenis Organisasi

Sebuah organisasi memiliki jenisnya masing-masing sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut. Secara umum sebuah organisasi dibedakan menjadi: 

  • Organisasi Profit
Organisasi profit adalah organisasi yang mempunyai tujuan untuk mencari profit atau keuntungan. Organisasi ini biasanya perusahaan besar seperti perusahaan manufaktur, bank, perusahaan asuransi, koperasi dan lain-lain. Sedangkan. 

  • Organisasi Nonprofit
Organisasi nonprofit adalah organisasi yang mempunyai tujuan untuk tidak mendapatkan profit atau keuntungan. Misalnya organisasi kemasyarakatan, organisasi sekolah, yayasan sosial dan lain-lain.

Bentuk-bentuk Organisasi

Bentuk organisasi (bentuk struktur organisasi) dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keunggulan dan kelemahan anggotanya masing-masing. Bentuk struktur organisasi ini diterapkan untuk memanfaakan keunggulan dan kelemahan tersebut sehingga tujuan organisasi bisa dicapai. Dibawah ini merupakan bentuk umum yang sering ditemui dalam sebuah organisasi. 
  • Bentuk organisasi garis (Line Organization) adalah bentuk struktur organisasi yang vetikal sehingga atasan dan bawahan terhubung secara langsung. Organisasi dengan bentuk ini bisa ditemui dalam organisasi kecil seperti Rukun Tetangga, OSIS dan lain-lain.
  • Bentuk organisasi garis dan Staf (Line and Staff Organization) adalah bentuk lain dari organisasi garis, dimana bawahan dapat memberikan masukan kepada atasan. Namun hubungan ini terjadi tidak secara langsung.
  • Bentuk organisasi fungsional (Functional Organization) adalah bentuk organisasi yang berfokus pada pembagian tugas dimana setiap tugas yang dibebankan sesuai dengan sifat dan kemampuan seseorang.
Baca Juga: Cara Membuat Kop Surat Resmi dengan Microsoft Word
  • Organisasi garis dan fungsional (Line and Functional Organization) adalah organisasi dimana wewenang pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala-kepala unit yang ada dibawahnya.
  • Bentuk organisasi komite (Committee Organizattion) adalah bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok orang.

Manfaat Berorganisasi

Mengikuti organisasi sebenarnya merupakan suatu pilihan. Ada orang yang sama sekali tidak tertarik mengikuti organisasi, tapi sebagian orang lainnya sangat bersemangat untuk mengikuti organisasi. Hal ini disebabkan karena organisasi dapat memberikan dampak positif untuk pembentukan karakter seorang individu. 

Beberapa manfaat tersebut adalah: 
  1. Melatih kerja sama
  2. Mengembangkan sikap percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab
  3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  4. Melatih kemampuan public speaking
  5. Menambah wawasan dan pengalaman
  6. Melatih befikir secara kritis
  7. Melatih kepekaan terhadap situasi dan kondisi
Dan masih banyak lagi manfaat organisasi. Manfaat ini dapat diraih ketika seseorang dengan ikhlas dan sungguh-sungguh mengikuti organisasi.

Penutup

Organisasi menjadi salah satu bagian dari interaksi sosial. Di dalam organisasi terdapat kumpulan orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Banyak sekali manfaat dari berorganisasi, jadi buat kamu yang ingin menambah wawasan serta pengalaman bergabunglah dengan salah satu organisasi di sekolah, kampus atau lingkungan yang kamu tinggali. 

Referensi bahasan: "Perilaku Organisasi" yang disusun oleh Timotius Duha dan beberapa artikel lainnya.


Sekian pembahasan tentang Pengertian Organisasi, Ciri-ciri, Tujuan dan Manfaat Berorganisasi semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Selamat belajar!