Rangkuman Materi Bahasa Indonesia

Rangkuman materi bahasa Indonesia
Ilmusekolahan.com

Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang terus kita pelajari mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah dan berlajut ke jenjang perguruan tinggi. Materi bahasa Indonesia cenderung 'itu-itu saja', dan sering kali kita menganggapnya sebagai mata pelajaran 'mengarang'.

Pernyataan tersebut tidak serta merta dikeluarkan oleh seseorang, nyatanya memang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia ada materi mengarang.

Selain materi 'mengarang' banyak juga materi lainnya yang terkadang kita lupakan. Perlu diingat bahwa materi bahasa Indonesia ini akan terus kita jumpai, dimanapun. Dalam dunia kerja pun, skill berbahasa Indonesia yang baik dan benar wajib kita kuasai. 

Untuk kamu, yang sebentar lagi akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, kamu wajib membaca artikel ini karena dalam artikel ini akan disajikan rangkuman materi bahasa Indonesia secara lengkap. Bahkan kamu dapat mendownload pdfnya agar lebih mudah dibaca. Selain itu, rangkuman materi bahasa Indonesia ini diperlukan untuk kelas 12 yang akan menghadapi UTBK nanti. Soal-soal UTBK banyak yang mengukur kemampuan berbahasa Indonesia, apalagi masalah keefektifan kalimat.
Baca Juga: Download Kumpulan Soal SBMPTN

Paragraf

Pengertian paragraf

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang berkaitan dan membentuk suatu bahasan yang utuh. Fungsi  utama  paragraf  adalah  menandai  awal  ide atau gagasan baru. 

Paragraf sering disebut dengan istilah alinea.

Unsur-unsur paragraf

  • Gagasan utam
  • Gagasan penjelas

Syarat paragraf

  1. Kesatuan (Unity)
  2. Kelengkapan (Completness)
  3. Koherensi (Coherence)
  4. Urutan Pikiran (Order)

Ciri paragraf efektif

  1. Hanya memiliki satu ide utama.
  2. Memiliki penjelasan yang relatif lengkap mengenai ide utama.
  3. Menarik perhatian pembaca.
  4. Terorganisasi dengan baik.

Resensi

Pengertian resensi

Resensi adalah ulasan yang memberikan penilaian terhadap suatu buku. Resensi juga dibuat untuk menyampaikan keunggulan dan kelemahan buku, karya sastra atau karya seni kepada pembaca, sehingga pembaca dapat menentukan perlu tidaknya karya tersebut. 

Bagian-bagian resensi

  • Jenis buku
Jenis  buku  berarti bahwa  penulis  resensi  harus mengklasifikasikan golongan buku yang diresensi termasuk fiksi atau nonfiksi. Jika buku tersebut masuk kedalam buku fiksi, penulis harus menyebutkan apakah itu roman, novel, atau yang lainnya.
  • Latar belakang buku
Meliputi bentuk atau format buku, ilustrasi, gambar,  cover,  kertas  yang  dipakai,  jenis  huruf, dan sebagainya.
  • Kelebihan dan kekurangan buku
Penulis harus menjelaskan kelebihan dan kekurangan buku yang ia resensei. Namun perlu diperhatikan ketika penyampaian kelebihan dan kekurangan. Pakailah kata-kata yang sopan serta berikan alasan yang logis yang dapat diterima.
  • Kesimpulan
Penulis   resensi   menyimpulkan   perlu   tidaknya sebuah buku atau karya sastra dibaca. 

Wawancara

Pengertian wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh orang yang mencari informasi (pewawancara) dengan orang yang memberikan informasi (narasumber).

Tahap-tahap wawancara

  1. Pembukaan
    Pewawancara harus memperkenalkan diri terlebih dahulu kemudian menyatakan maksud serta tujuan wawancara. Pewawancara juga menanyakan identitas pribadi narasumber. Dalam melakukan wawancara, pewawancara   harus   menggunakan   perkataan yang sopan dan menghormati narasumber. Pewawancara terlebih dahulu menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Pewawancara dan narasumber menentukan kapan dan dimana kegiatan wawancara dilaksanakan
  2. Inti
    Kegiatan wawancara dilaksanakan sesuai dengan janji yang ditelah disepakati. Pewawancara menanyakan pertanyaan secara sistematis dan pewawancara mencatat setiap jawaban penting yang diberikan oleh narasumber. Pewawancara juga bisa merekan setiap perkataan narasumber agar lebih mudah untuk direview nantinya.
  3. Penutup
    kegiatan wawancara diakhiri dengan ucapan terima kasih dari pewawancara dan pewawancara memberikan kesan baik serta menyenangkan.

Berita, Pidato dan Diskusi

Berita

Berita adalah suatu laporan peristiwa yang aktual,  menarik, penting, dan cermat. Biasanya teks berita menyajikan laporan secara ringkas dan disertai fakta-fakta yang berkaitan dengan topik berita.

Pidato

Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi lisan yang ditujukan kepada orang banyak. Dalam melakukan pidato ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya penampilan, ekspresi muka, perilaku, dan intonasi.

Diskusi

Diskusi   adalah   pembicaraan   yang dilakukan oleh   dua orang atau beberapa orang dengan tujuan mendapatkan suatu kesepakatan, keputusan, atau solusi bersama mengenai suatu masalah.

Dalam kegiatan diskusi terdapat pimpinan diskusi yang mengatur berjalannya diskusi, notulis yang bertugas mencatat hal-hal yang penting dalam kegiatan diskusi, dan peserta diskusi.

Karya Tulis

Pengertian karya tulis

Karya  tulis  ilmiah  adalah  karangan  ilmiah  yang memiliki sifat atau ciri-ciri ilmu pengetahuan, yaitu objektif, tidak berprasangka, tanpa penilaian atau pendapat pribadi, sistematis, dan didasarkan pada suatu penelitian dalam hubungannya dengan sebuah teori.

Karya  tulis  ilmiah  juga  dapat  diartikan  sebagai tulisan atau karangan yang mengungkapkan masalah dan pemecahannya secara ilmiah, didukung oleh fakta, bersifat tepat, lengkap, dan benar,  pengembangannya  secara  sistematis dan logis dengan landasan metode ilmiah dan bersifat tidak memihak serta tidak emosional.

Karakteristik karya tulis

Sebagai sebuah karangan yang membahas suatu per- soalan dan memiliki sifat-sifat pengetahuan, karya tulis mempunyai karakter sebagai berikut.
  1. Karya tulis merupakan   hasil   kajian   literatur   dan   laporan pelaksanaan suatu kegiatan di lapangan.
  2. Karya tulis menunjukkan     pemahaman     penulis     tentang masalah yang dikaji secara teoretis dengan kemampuan penulis dalam menerapkan prosedur dan prinsip atau teori.
  3. Karya tulis menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang dijadikan rujukan.
  4. Karya tulis juga menunjukkan  kemampuan  mengumpulkan  berbagai sumber informasi dalam suatu kegiatan secara utuh.

Sistematika karya tulis

  1. Pendahuluan
    Biasanya berisi persoalan yang akan dibahas. Dalam pendahuluan biasanya terdapat latar belakang masalah, masalah yang akan dibahas, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika uraian.
  2. Isi dan Pembahasan
    Dalam isi karya tulis, topik-topik masalah yang akan dibahas atau dibicarakan. Bagian ini menunjukkan kemampuan penulis dalam menjawab permasalahan yang diajukan.
  3. Kesimpulan
    Merupakan bagian terakhir dari karya tulis. Kesmpulan berisi makna yang diberikan penulis terhadap uraian yang tidak diuraikan dalam bab isi. Kesimpulan bukan berisi ringkasan ini. 

Download Rangkuman Materi Bahasa Indonesia

Agar mudah dipelajari, kami menyediakan modul pembelajarannya dalam bentuk pdf. Kamu dapat mendonwloadnya dengan menekan tombol dibawah ini.

Penutup

Banyak materi yang dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Materi yang dipelajari tersebut harus dipelajari dengan baik. Bukan hanya harus memahami saja, namun ada beberapa materi yang perlu dihafal. Hal inilah yang menjadi tantangan dalam mempelajari bahasa Indonesia.

Sekian artikel mengenai Rangkuman Materi Bahasa Indonesia semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Selamat belajar!

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.