Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
Ilmusekolahan.com

Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam PancasilaDi hari Kesaktian Pancasila ini, sudah sewajarnya sebagai warna negara yang baik kita harus memahami apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila merupakan pedoman hidup serta ideologi bangsa Indonesia.

Dalam pancasila terkandung berbagai nilai yang mencerminkan cita-cita bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan bangsa yang kaya. Kaya akan budaya, suku, dan bahasa. Pancasila mengakomodir semua tanpa perbedaan.

Lantas bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila? 

Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila

Sebagai ideologi, Pancasila tidak lahir begitu saja. Ada berbagai peristiwa yang mengiringi perumusan dan penetapan Pancasila. Sebelum menginjak ke materi utama alangkah baiknya kita ketahui dulu bagaimana proses perumusan dan penetapan Pancasila.

Secara lengkap pembahasan ini ada pada artikel berikut ini.

Pancasila Sebagai Sumber Nilai

Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai yang bersifat universal. Artinya nilai yang terkandung dalam Pancasila bersifat menyeluruh berlaku bagi setiap orang yang ada di Indonesia.

Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa sebagai dasar negara memiliki tiga nilai utama yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis. 

Nilai Dasar

Contoh Nilai-nilai Pancasila
Monumen Garuda Pancasila

Nilai dasar dalam Pancasila bersifat tetap dan tidak dapat berubah. Nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila ini menunjukan budaya serta cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Secara garis besar nilai-nilai dasar pancasila terdiri dari nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. 
  • Nilai ketuhanan
Pada nilai ini bangsa Indonesia mengakui berbagai adanya Tuhan YME yang mengatur segalanya. Artinya bahwa bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang berketuhanan. Selain itu, nilai ketuhanan ini mengakui adanya kebebasan beragama dan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
  • Nilai kemanusiaan
Nilai kemanusiaan ini mengandung arti bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beradap dan menjunjung tinggi moral kemanusiaan. 
  • Nilai persatuan
Pada nilai persatuan ini ada dua makna yang bisa diambil. Pertama bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya, suku, etnis dan bahasa. Kedua bahwa bangsa Indonesia bersatu dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
  • Nilai kerakyatan 
Nilai ini menggambarkan bahwa kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat. Artinya pemerintahan yang sedang berlangsung tersebut merupakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  • Nilai keadilan
Nilai ini mengandung arti cita-cita luhur bangsa Indonesia yang berkeadilan.

Nilai Instrumental

Nilai instrumental merupakan penjabaran dari nilai dasar. Nilai instrumental ini menggambarkan bahwa nilai dasar pancasila dapat digambarkan sesuai dengan UUD 1945. Perwujudan nilai instrumental ini terdapat dalam UUD 1945 dan peraturan lainnya. 
Baca Juga: Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Beberapa contoh dari nilai instrumental antara lain:
  1. Pasal 28E Ayat 1 UUD 1945. Pasal ini merupakan nilai instrumental dari Pancasila sila kesatu yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Pasal 28 UUD 1945 merupakan nilai instrumental dari Pancasila sila kedua.
  3. Pasal 25A UUD 1945 yang berbunyi "Negara Kesatuan RI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri khas Nusantara dimana wilayah dengan batas-batas serta hak-haknya diputuskan berdasarkan undang-undang yang telah disepakati." Pasal 25A ini merupakan nilai instrumental dari Pancasila sila ketiga.
  4. Pasal 1 Ayat 2 UUD 1945 merupakan nilai instrumental dari Pancasila Sila keempat.
  5. Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi "Bumi dan air serta kekayaan alam yang terkandung didalamnya telah dikuasai oleh negara, dan dipergunakan demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyatnya." Pasal ini merupakan nilai instrumental dari Pancasila sila kelima.

Nilai Praktis

Nilai praktis merupakan suatu nilai yang merealisasikan nilai instrumental dalan kehidupan. Artinya nilai tersebut nyata diterapkan dalam kehidupan berbangsa, beragama dan bernegara. 

Dibawah ini merupakan nilai praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari, diantaranya:
  • Taat menjalankan ibadah yang sesuai dengan agama masing-masing.
  • Tidak memaksanakan kehendak seseorang untuk beragama.
  • Mengembangkan sifat cinta terhadap sesama manusia.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
  • Mengembangkan sikap cinta tanah air.
  • Bertoleransi terhadap suatu perbedaan.
  • Menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah.
  • Menghargai perbedaan pendapat.
  • Menghormati hak dan kewajiban orang lain.
  • Mengembangkan sikap adil.
Dan masih banyak lagi nilai praktis yang bisa dilakukan.

Penutup

Sekian artikel tentang Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila. Jika bermanfaat jangan lupa dibagikan. Terimakasih. Selamat belajar!

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.