Pentingnya Pemimpin Memiliki Kecerdasan Emosonal

Pentingnya Pemimpin Memiliki Kecerdasan Emosional

Kepemimpinan merupakan seuatu kebutuhan dasar bagi manusia. Namun tidak semua manusia memiliki kepemimpinan yang mumpuni untuk memimpin banyak orang. Miftah Toha (2010) mengungkapkan bahwa kepemimpinan merupakan suatu kegiatan untuk mempengaruhi kegiatan dan perilaku orang lain, atau bisa dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan sebuah seni untuk mempengaruhi kegiatan dan perilaku orang lain. Menurut Suryana (2019) terjadi pergeseran di bidang eknomi global, kompetensi dan kebutuhan sumber daya manusia karena dampak terjadinya pergeseran kepemimpinan di bandingkan tahun 1980-an dan 1990-an. Suryana (2019) juga berpendapat bahwa mengingat telah terjadinya pergeseran, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang bertalenta dalam mengendalikan kegiatannya agar tujuan organisasinya dapat dicapai. Salah satunya adalah mempunyai kecerdasan emosional yang baik.

Kecerdasan emosional diartikan sebagai suatu kemampuan untuk mengontrol dan mengelola emosi baik emosi diri sendiri maupun emosi orang lain. Kecerdasan emosi ini juga berkaitan dengan kemampuan untuk memahami orang lain. 

Karaktersitik Kecerdasan Emosional

Menurut Daniel Goleman dalam pemimpin.id orang yang memiliki kecerdasan emosional cenderung memiliki karakteristik yang dapat dilihat. Karakteristik tersebut antara lain:

  1. Kesadaran diri
  2. Kemampuan memanajemen diri sendiri
  3. Empati
  4. Pandai dalam memanajemen emosi orang lain

Kecerdasan emosional dapat terlihak ketika dirinya mampu menyadari diri sendiri sehingga mampu memanajemen diri sendiri. Selain itu seseorang yang memiliki kecerdasan emosional cenderung memiliki sifat empati terhadap orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional cenderung pandai memanajemen emosi yang orang lain tunjukan. Disamping itu, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional cenderung lebih percaya diri.

Pentingnya Memiliki Kecerdasan Emosonal

Banyak orang yang percaya bahwa jika seseorang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, maka orang tersebut memiliki peluang sukses yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang memiliki kecerdasan lebih rendah. Namun nyatanya, dalam banyak kasus, orang dengan kecerdasan lebih tinggi dikucilkan dari orang dengan kecerdasan rendah. Ternyata kecerdasan yang tinggi tidak menjamin seseorang akan sukses. Kecerdasan emosional tumbuh saat seseorang berkembang dari lahir sampai meninggal. Perkembangan kecerdasan emosional dipengaruhi oleh lingkungan, keluarga, dan contoh yang dia dapat sejah lahir. 

Kecerdasan Emosional bagi Pemimpin

Beragai penelitian sudah membuktikan bahwa seorang pemimpin sangat membutuhkan kecerdasan emosional. Salah satu peneliti yang bernama Patricia Pitcher membuktikan bahwa kecerdasan emosional tinggi yang dimiliki oleh seorang pemimpin akan mempengaruhi tingkat keberhasilan pemimpin tersebut dibandingkan dengan pemimpin yang tidak memiliki kecerdasan emosi. Artinya jika pemimpin tersebut cerdas dalam emosinya maka organisasi yang dia pimpin akan lebih berhasil. Dalam sebuah jurnal yang berjudul “Pentingnya Kecerdasan Emosi bagi Kepemimpinan yang Efektif di Era Milenial Revolusi 4.0” yang ditulis Suryana (2019) seseorang yang memiliki kemampuan untuk memanajemen emosinya akan mampu menciptakan gaya kepemimpinan yang efektif. Seorang pemimpin yang efektif dalam mempengaruhi orang lain akan menggunakan pengaruh hubungan personilnya.

Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Telah dijelaskan di atas bahwa kecerdasan emosional memiliki salah satu komponen yaitu empati. Inilah yang berperan penting dalam keberhasilan seorang pemimpin. Karena jika seorang pemimpin tidak memiliki kecerdasan emosional yang baik sehingga tidak memiliki rasa empati maka pemimpin tersebut tidak akan mendengar apa yang disampaikan oleh bawahannya sehingga menyebabkan kediktatoran. Jelas, pemimpin yang diktaktor cenderung tidak disukai sehingga bisa menghambat kinerja organisasi. 

Referensi

Suryana. (2019). Pentingnya Kecerdasan Emosi bagi Kepemimpinan yang Efektif di Era Milenial Revolusi 4.0. Jurnal Inspirasi, 89-92.

Kadeni. Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran. Jurnal, 3-6. Kecerdasan Emosional Seorang Pemimpin. Pemimpin.id. Diakses dari: https://pemimpin.id/kecerdasan-emosional-seorang-pemimpin/ 

Penutup

Sekian artikel tentang Pentingnya Pemimpin Memiliki Kecerdasan Emosional semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terima kasih. Selamat belajar!