Contoh Mereview Buku Yang Baik, Lengkap!

Contoh mereview buku
Contoh review buku

Setelah kemarin Kangenge merilis artikel panduan mereview buku, sekarang Kangenge akan memberikan contoh bagaimana mereview buku yang baik. Dalam pembuatan artikel ini, Kangenge juga mencoba mencari referensi dari hasil review buku yang orang lain lakukan terhadap buku ini. Buku yang Kangenge review ini cukup populer. Apalagi buku ini sudah diangkat ke layar lebar, mantap sekali. Buku ini adalah karya Andrea Hirata dengan judul Laskar Pelangi. 

Contoh Review Buku Laskar Pelangi

Kangenge harap setelah membaca artikel panduan mereview buku dan artikel contoh review buku ini kamu langsung mempraktikannya agar lebih paham. Lakukan saja terlebih dahulu, minta pendapat temanmu terhadap hasil review bukumu. Semangat!

Identitas Buku

  • Judul buku : Laskar Pelangi
  • Penulis : Andrea Hirata
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Tahun terbit : Cetakan I, September 2005
  • Jumlah halaman : xvi + 532 halaman 

Sinopsis Buku

Dan ternyata jika hati kita tulus berada di dekat orang berilmu, kita kan disinari pancaran pencerahan, karena seperti halnya kebodohan, kepintaran pun sesungguhnya demikian mudah menjalar.

Kalimat diatas merupakan salah satu kalimat yang ada di buku tersebut. Dari kalimat tersebut sudah terbayangkan bahwa novel ini bercerita tentang kehidupan sekolahan. Tepatnya novel Laskar Pelangi ini mengisahkan tentang kehidupan anak-anak di sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong provinsi Bangaka Belitung. 

Cerita diawali dengan permasalahan terancam tutupnya sekolah Muhammadiyah tersebut karena kekurangan murid. Sekolah akan tutup jika muridnya kurang dari 10 orang. Sedangkan sekolah Muhammadiyah itu hanya ada 9 orang murid baru. Kegelisahan ini dirasakan oleh murid baru, orang tua murid, ibu Muslimah sebagai wali kelas dan bapak Harfan Effendy sebagai kepala sekolah.

Bahkan pak Harfan sudah bersiap-siap untuk berpidato penutupan sekolah padahal hari itu adalah hari pertama masuk sekolah. Namun sebelum pidato tersebut berlangsung, datanglah seorang anak yang bernama Harun. Harun memiliki keterbelakangan mental. 

Akhirnya kuota terpenuhi dan sekolah Muhammadiyah tidak jadi ditutup. Sejak saat itulah kisah perjalanan Laskar Pelangi sebutan yang mereka dapat dari ibu Muslimah karena kesenangan mereka terhadap pelangi pun dimulai.

Novel Ini Sangat Menarik

Novel ini merupakan salah satu novel terbaik yang saya baca. Apalagi novel ini memenangkan beragam penghargaan Internasional. Diantaranya Winner General Fiction New York Book Festifal 2013 USA, Winner Buchawards 2013 Germany. Bahkan novel ini diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa untuk dinikmati semua orang di dunia. 

Novel ini sangat menarik karena isinya mengandung banyak kisah inspiratif. Dari novel Laskar Pelangi saya mendapatkan bahwa meraih mimpi merupakan hal setiap orang. Tidak dibatasi oleh keadaan dan dari mana kita berasal. Siapa pun dan dari mana pun kita, bisa bermimpi dan tentunya harus punya mimpi. Cara terbaik untuk meraihnya adalah dengan teguh dan semangat serta jangan lupa berdoa.

Selain itu dalam novel ini juga banyak pelajaran dan nasihat yang bisa diambil. Diantaranya tentang menuntut ilmu. Hidup yang terbatas ini bukan menjadi hambatan dalam menuntut ilmu. Hiduplah dengan senang dan tenang namun tetap jalani kewajiban. Menuntut ilmu bukan hanya sekedar kewajiban, namun juga kebutuhan. Mimpi yang ingin diraih itu bisa digapai salah satunya dengan ilmu. 

Terlepas dari kesan serius yang ada dalam novel ini, Andrea Hirata sukses menysipkan beberapa humor yang cukup menghibur sehingga suasana novel ini pun tetap santai dan membuat senyum-senyum sendiri, yaaa begitulah.

Kesimpulan

Dari tetralogi (4 seri) yang ditulis Andrea Hirata, Laskar Pelangi merupakan novel pertama lalu dilanjutkan dengan novel Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Dari keempat novel tersebut Laskar Pelangi menjadi favorit saya. Novel Laskar Pelangi ini sangat cocok dibaca oleh generasi muda seperti kita yang sedang semangatnya meraih mimpi. Selain itu saya rasa novel ini juga cocok dibaca oleh seorang pendidik. Karena dalam novel ini banyak kisah-kisah inspiratif yang dilakukan oleh ibu Muslimah sebagai seorang wali kelas dan pendidik. Saya beri nilai 4/5. Mantap sekali. 

Penutup

Itulah contoh mereview buku yang baik ala Ilmu Sekolahan. Semoga dapat memberikan gambaran bagaimana caranya mereview sebuah buku. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Semangat terus belajar dan gapailah cita-cita!