Mengenal Algoritma Pencarian (Searching) dan Implementasinya

Algoritma Seacrhing

Algoritma searching atau algoritma pencarian merupakan algoritma dasar dalam pengolahan data. Algoritma ini berfungsi untuk menemukan nilai atau indeks tertentu dalam sekumpulan data yang tipenya sama. Hasil akhir dari proses algoritma searching ini nantinya akan diperoleh dua kemungkinan, yaitu kemungkinan pertama data dapat ditemukan atau sebaliknya data tidak dapat ditemukan. 

Ada banyak algoritma pencarian, namun Kangenge akan mengulas dua algoritma searching karena sering dipelajari. Kedua algoritma searching tersebut yaitu Linear Search dan Binary Search

Pengertian Algoritma Pencarian (Search)

Algoritma pencarian adalah suatu algoritma dimana sebuah data akan dicari dalam sekumpulan data yang sudah terurut ataupun yang belum terurut. Jika data yang dicari tersebut dapat ditemukan, maka akan diubah menjadi data lainnya. 

Sudah disinggung sebelumnya bahwa algoritma searching ini berfungsi untuk menemukan suatu data atau indeks tertentu dalam sekumpulan data yang tipenya sama, data yang terurut maupun yang tidak terurut.

Baca juga: Cara Menggunakan Iperf di Mininet

Macam-Macam Algoritma Pencarian (Search)

Adapun beberapa macam algortima pencarian (searching) yang sering dipelajari diantaranya:

Algortima Linear Search

Linear search adalah algoritma pencarian nilai tertentu pada sebuah array/list. Algoritma linear search ini memeriksa nilai elemen pada list satu demi satu dari ujung list. Karena acara kerjanya inilah, algoritma ini sering disebut sequential search. Array/list yang digunakan pada algortima ini sangat cocok jika tidak terurut. Jika array/list sudah terurut maka menggunakan algoritma binar search lebih efisien.

Linear search merupakan algoritma pencarian yang paling sederhana. Prinsip kerjanya mudah dipahami. Linear search akan menentukan array/list atau tidaknya dengan yang dicari. Jika data yang ingin ditemukan sudah ditemukan sebelum data awal (array/list) dicek habis maka pencarian selesai. Namun jika sampai akhir data yang ingin ditemukan tidak ada maka data yang akan dicari tidak ada di dalam array/list.

Ilustrasinya seperti pada gambar berikut ini.

Algoritma Linear Search
Algoritma Linear Search

Algoritma Binary Search

Algoritma binary search adalah algoritma pencarian nilai pada array/list dengan elemen yang terurut. Cara kerja algoritma ini adalah dengan memotong array menjadi dua bagian secara terus menerus hingga nilai yang dicari dapat ditemukan. Nama lain dari algoritma ini adalah half-interval search, logarithmic search, atau binary chop.

Sederhananya binary search adalah metode untuk mencari data dengan cara eleminasi biner secara berulang untuk mencari nilai yang sesuai dengan adata yang diinginkan. Perlu diingat bahwa pada algoritma binary search ini data harus sudah dalam keadaan terurut.

Ilustrasi algoritma binary search seperti pada gambar berikut.

Algoerima Binary Search
Algoritma Binary Search


Impelentasi Algoritma Pencarian

Untuk memudahkan dalam memahami algortima pencarian, perhatikan implementasi algortima ini menggunakan bahasa pemrograman Python.

Algoritma Linear Search

SCRIPT

Kira-kira seperti ini ketika algoritma tersebut dijalankan.

SCRENSHOOT

Algoritma Binary Search

SCRIPT

Seperti inilah ketika algoritma binary search dijalankan.

SCRENNSHOOT

Penutup

Sekian artikel mengenai Algoritma Pencarian (Searching) dan Implemntasinya. Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terima kasih, nantika terus update artikel dari Ilmusekolahan, yaa. Selamat belajar!