Cara Mengatasi Hardisk yang Lemot

Cara mengatasi hardisk yang lemot
Mengatasi hardisk lemot

Bagi kita sebagai kaum kere hore, penggunaan Hardisk tetap menjadi primadona. Harganya relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan SSD. Namun ada kalanya kita kesal dan bingung ketika hardisk yang kita punya sudah terasa lemot dan error. Peristiwa tersebut biasanya dialami oleh hardisk yang sudah hampir penuh, atau setidaknya sudah setengahnya terisi. 

Dengan rasa penasaran dan kesal tentunya Kangenge pun mencari berbagai cara untuk mengatasi hardisk yang lemot ini. Kangenge pun akhirnya mendapatkan beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengatasi hardisk lemot. Di bawah ini Kangenge mencoba membuat artikel edukasi tentang cara mengatasi hardisk yang terasa lemot.

Kangenge menggunakan laptop dengan spesifikasi HDD 500 gigabyte dengan OS Windows.

Cara Mengatasi Hardisk yang Lemot

Setidaknya ada 3 cara untuk mengatasi hardisk yang terasa lemot di Windows. Diantaranya sebagai berikut.

Periksa kesehatan hardisk

Salah satu hal yang menyebabkan hardisk terasa lelet adalah karena virus atau malware. Virus dan malware ini menginveksi HDD kamu melalui iklan, software bajakan dan lain-lain. Untuk mengecek apakah hardisk kamu terinfeksi virus atau malware adalah menggunakan software cek virus dan malware seperti Windows Defender, SMADAV, McAfee, dan lain sebagainya. Jika HDD kamu terinfeksi virus atau malware segera hapus dan bersihkan.

Selain itu cek juga suhunya. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan hardisk lemot bahkan error. Jika suhu hardisk tidak normal cek apakah ada hal yang menggangu sirkulasi udara atau hal lainnya.

Jalankan program disk defragment

Disk defragment ini berfungsi untuk merapikan dan menata kembali file-file yang ada di dalam hardisk sehingga sesuai dengan fungsinya. Lakukan hal ini secara teratur agar hardisk lebih cepat diakses.  

Cara melakukan disk defragment di Windows:

  1. Buka Control Panel lalu masuk ke System and Security, lalu Administrative Tools ada Defragment

    Tutorial mengatasi hardisk yang lemot
    Control Panel di Windows 8

  2. Lalu pilih Local disk mana yang akan di defrag, setelah itu pilih Optimize.
  3. Tunggu proses sampai selesai.

Hapus file yang tidak diperlukan

Periksa file-file yang ada di dalam hardisk. Hapus file-file yang tidak penting sehingga hardisk menjadi lebih lega. Selain itu periksa Recycle Bin jika tidak ada file yang perlu untuk dipulihkan hapus saja, lumayan bisa menambah sisa penyimpanan hardisk

Selain itu periksa cache browser, kadang kala cache browser yang sudah menumpuk tidak dibersihkan bisa memakan penyimpanan hardisk sehingga hardisk semakin sempit. 

Cara agar hardisk tidak lemot
Cache browser yang memakan kapasitas penyimpanan

Perhatikan gambar di atas. Dalam seminggu saja cache browser bisa mencapai sekitar 200 MB, jika dalam sebulan atau bahkan setahun berapa banyak kapasitas HDD yang dipakai. 

Jika diperlukan lakukan hal ini secara rutin terutama bagi kamu yang memiliki kapasitas penyimpanan hardisk yang sempit. Perhatikan artikel berikut ini untuk tutorial cara hapus cache browser.

Kesimpulan

Hardisk yang terasa lelet disebabkan karena banyak hal, bisa karena terinveksi virus atau malware, kapasitas penyimpanan yang sempit ataupun suhu hardisk yang tinggi sehingga mengganggu kinerjanya. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan cara-cara tersebut di atas. Semoga berhasil.

Penutup

Sekian artikel tentang cara mengatasi hardisk yang lemot. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terima kasih selamat belajar!