Selamat datang di blog Ilmusekolahan, dapatkan beragam rangkuman soal hanya disini! Get now!

Perbedaan Blog dan Blogging

Beda Blog dan blogging
Perbedaan blog dan blogging



Meskipun blog dan blogging terdengar sama, namun keduanya adalah hal yang berbeda. Saat ini kegiatan blogging menjadi hal yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bukan hanya sekadar untuk menyalurkan hobi, tetapi bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dari internet. Agar lebih jelas, berikut pengertian blog dan blogging secara lengkap.

Pengertian Blog dan Blogging 

Apa itu blog?

Blog adalah sebuah situs website yang berisi banyak konten tentang satu atau beberapa topik pembahasan. Konten di blog ini pada umumnya akan diunggah secara berkala dalam bentuk artikel pada satu halaman web tertentu. 

Sebagai contoh mudahnya, artikel yang saat ini sedang kamu baca merupakan bagian dari konten blog. Saat membuka beranda blog, kamu akan menemukan kumpulan unggahan konten artikel yang biasanya akan ditampilkan dalam urutan tertentu, misalnya dari yang terbaru hingga yang terlama. 

Perlu kamu ketahui bahwa saat pertama kali blog muncul di dunia internet, banyak orang menggunakan platform ini sebagai tempat untuk berbagi informasi pribadi, pengalaman dan minat mereka. Dan fungsi blog hingga saat ini pun tetap sama, meskipun jenis konten yang berkembang jauh lebih beragam. Selain blog pribadi, beberapa orang mulai menggunakan platform ini untuk membangun pembelajaran online secara profesional. 

Banyak juga organisasi dan bisnis yang telah menggunakan blog sebagai media promosi atau pemasaran online. Konten-konten yang ditampilkan untuk promosi ini biasanya berfokus pada informasi detail industri sesuai target pasar mereka. Dalam pelaksanaan untuk mengisi konten promosi seperti ini, umumnya akan ada tim yang terdiri dari beberapa penulis demi menjalankan blog, jadi bukan satu admin. 

Jenis-jenis blog 

Blog pribadi 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa blog pada awalnya hanya sebagai ruang online pribadi seseorang. Dengan kata lain menjadi tempat mereka berbagi pemikiran tanpa memikirkan monetisasi atau strategi bisnis tertentu seperti sekarang ini.

Blog untuk bisnis atau perusahaan 

Semakin berkembangnya dunia teknologi yang semakin canggih ternyata blog terbukti efisien bagi bisnis. Blog ini ternyata juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, membangun komunitas, dan menarik klien baru. Jadi saat ini, sudah hampir seluruh perusahaan menggunakan blog untuk mengunggah informasi terbaru tentang peluncuran produk, proyek, kontes, dan lain-lain. Banyak perusahaan yang menggunakan blog untuk berbagai kepentingan karena dapat membantu meningkatkan trafik hingga konversi yang cukup tinggi melalui promosi konten.

Blog profesional

Pada jenis ini merupakan sebuah kombinasi dari blog bisnis dan blog pribadi. Biasanya blog profesional ini merupakan proyek satu orang yang akhirnya mengambil jalur bisnis untuk menghasilkan uang. Blog profesional biasanya menggunakan hosting berkualitas, Domainesia merupakan salah satu hosting murah berkualitas di Indonesia.

Blog afiliasi 

Terakhir, ada jenis blog afiliasi yaitu berfokus pada evaluasi produk atau layanan di pasar tertentu. Jenis blog yang satu ini didasarkan pada pemasaran afiliasi yaitu sebuah praktik mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga di platform online. 

Pada umumnya, untuk menjalankan bisnis afiliasi ini para blogger akan menyediakan tautan khusus di unggahan konten blog dan mengarahkan pengguna ke toko online bisnis. Saat seseorang mengklik tautan yang telah kamu berikan hingga akhirnya berhasil melakukan pembelian melalui kode tersebut, pemilik blog akan menerima komisi. 

Pengertian Blogging 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk mengisi konten-konten di blog tentu harus ada beberapa penulis atau admin yang menjalankannya. Aktivitas menjalankan blog tersebut dinamakan blogging. 

Singkatnya blogging adalah sebuah aktivitas mengelola blog yang dilakukan dengan cara memanfaatkan tool atau alat digital tertentu. Biasanya tool atau alat digital tersebut dapat membuat, menautkan hingga membagikan konten dengan mudah di internet. Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, kegiatan blogging menjadi semakin populer. 

Walaupun blogging pada awalnya hanya dianggap untuk menampilkan berita dan informasi saja, namun seiring berkembangnya dunia digital kini banyak orang juga bisa menghasilkan uang dari blog. Sejak banyak orang mengetahui adanya cara dan strategi khusus untuk mendapatkan uang dari mengelola blog, kegiatan blogging pun semakin populer di kalangan masyarakat. 

Hingga sekarang pun telah terbukti telah banyak sekali penulis profesional bisa mendapatkan penghasilan fantastis dari blog dan web yang mereka kelola. 

Penutup

Itulah perbedaan antara blog dan blogging. Jadi dapat disimpulkan bahwa blog merupakan wadah atau tempat untuk menuangkan berbagai ide konten dan biasanya berupa sebuah tulisan. Kemudian blogging adalah aktivitas membuat konten tersebut yang dilakukan oleh orang-orang profesional atau ahlinya.


Seorang yang sedang menimba ilmu dan berusaha menggapai cita.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.
© Ilmu Sekolahan. All rights reserved. Developed by Jago Desain